Multilevel Marketing (MLM) atau System Networking, hampir sama dengan bisnis Affialliate Marketing. Bisnis MLM sendiri mengandung arti adalah penjualan secara bertingkat dari distributor mandiri yang memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan dalam dua cara. Pertama, penjualan produk langsung ke konsumen. Kedua, distributor bisa menerima potongan harga atas dasar jumlah produk/jasa yang dibeli oleh anggota kelompok bisnis untuk penjualan atau pemakaian, termasuk jumlah penjualan pribadi.
Pengertian lain Bisnis MLM atau Network Marketing adalah kegiatan mendistribusikan, menjual atau mensupplay produk/jasa melalui individu yang ditunjuk sebagai agen atau distributor. Dahulu Bisnis MLM ini tersebar dari mulut ke mulut, namun di jamam sekarang tenologi semakin canggih bisnis MLM mulai mengunakan internet sebagai transportrasi penyampaian bsnis yang lebih mudah. Bisnis MLM ini tidak langsung dijual oleh pendiri atau pounder bisnis MLM tersebut tetapi disebar kepada agen dan distributor yang ditunjuk sebagia pelaksana bisnis MLM ini. Agen ini dibayar dalam bentuk komisi, diskon, bonus dan reward lainnya, berdasarkan jumlah penjualan dan kemampuannya merekrut agen. Perekrut disebut upline, sedangkan yang direkrut disebut downline. Dalam sistem MLM, upline juga mendapatkan reward dari besarnya penjualan downline yang berada di bawahnya langsung, dan penjualan downline tidak langsung (yang levelnya berada dua tingkat atau lebih di bawahnya).
Kini bisnis MLM sedang menanjak tinggi dan semakin pesat dalam dunia bisnis khususnya di Indonesia. Bisnis MLM ini juga dapat diandalkan sebagai pilar penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. terbukti banyak pelaku bisnis MLM ini berhasil sukses menjalankan bisnis MLM yang didirikan dengan penghasilan pertahun diatas rata – rata, seperti bisnis MLM yang sudah dikenal di Indonesia : Tianshi, CNI, Sophie Martin, Amway, PT.Abe, Forever Young.
Khusus untuk model pemasaran MLM ini, di Indonesia sendiri mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat dahsyat, serta terbukti menjadi salah satu industri yang turut menjadi pilar perekonomian yang patut diperhitungkan. Terbukti banyak pemasar yang sukses di bidang ini memulai dari nol, dan rata-rata mereka berusia di bawah 40 tahun. Nama-nama MLM seperti , merupakan beberapa nama yang banyak dikenal oleh masyarakat.
Metode ini mempunyai kelebihan antara lain operasinya lebih fleksibel karena penjual dapat mengamati reaksi pelanggan dan menyesuaikan pendekatannya, usaha yang sia-sia dapat diminimalkan, pelanggan yang berminat biasanya langsung membeli, dan penjual dapat membina hubungan jangka panjang dengan pelanggannya. Di dalamnya terkandung praktik salesmanship, negotiating, dan relationship marketing, yang sangat dibutuhkan di era persaingan pasar bebas.Kini passar bsnis di Indonesia telah banyak dilirik oeh negara lain untuk memasarkan produk mereka di Indonesia dengan potensi pasar yang luas, hasil yang cukup mejanjikan, daya beli masyarakat semakin berkembang seiringnya kebutuhan hidup yang semakin meningkat. PT. Sido Muncul merupakan satu contoh perusahaan besar yang ada di Indonesia yang ikut terjun dalam jaringan bisnis MlM untuk memperbesar pendapatan dan produk semakin dikenal.
Dalam menjalankan Bisnis MLM tak sediit yang mengalami kegagalan dan kesuksesan, karena dalam menjalankan bisnis MLM ini dibuthkan mental yang kuat, kesabaran ekstra dan terus berusaha berinovatif dan berkreasi. Pilihlah MLM yang produknya memang kita butuhkan sehari-hari sehingga tidak dikejar target tutup point, misalnya yang menjual aneka produk kesehatan, sabun cuci, sabun pel, pencuci piring dan lain sebagainya.
Sumber : http://bisnismlmterbaru.com/hello-world/
0 comments:
Posting Komentar